Minggu, 19 Juli 2009


Arkeolog asal Italia menemukan kotak kosmetik berumur 2.000 tahun di di Kota Tuscan, Chiusi, Italia. Peralatan kosmetik yang diduga kuat milik seorang wanita aristokrat Etruscan ini terkubur dalam makam kuno yang tertutup ubin tanah (terracota tile) berukuran raksasa. Di sana, terdapat ukiran berwarna merah bercampur ungu yang diduga nama sang pemilik kosmetik, Thana Presnti Plecunia Umranalisa.

Seperti dilansir Msnbc, penggalian sebenarnya sudah dilakukan empat tahun silam. Namun, hasilnya baru diumumkan beserta sejumlah analisis kimia dalam Journal of Archaeological Science edisi Juli 2009. Di jurnal itu disebutkan kosmetik berupa lotion ini tersusun dari limpahan konsentrat lemak. Yang unik, walaupun berusia ribuan tahun, kosmetik tersebut tetap utuh dan tidak rusak. Peneliti menduga struktur makam yang ditutupi tanah menahan oksigen sehingga kosmetik tidak mengalami proses oksidasi.

Di dalam kotak kosmetik ditemukan juga sepasang cincin perunggu, pinset, dua sisir, dan vas berbentuk guci bergaya Mesir. Di samping kotak ini, terdapat sebuah jambangan berisi abu Thana. Jambangan ini berhiaskan ukiran kepala seorang dewi yang diduga kuat sebagai dewi tanah Etruscan, Cel Ati.(LUC)

sumber : www.liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar